Ilmu itu lebih baik daripada harta. Ilmu akan menjaga engkau dan engkau menjaga harta. Ilmu itu penghukum (hakim) sedangkan harta terhukum. Kalau harta itu akan berkurang apabila dibelanjakan, tetapi ilmu akan bertambah apabila dibelanjakan.(Sayidina Ali bin Abi Thalib)

Minggu, 09 Oktober 2011

makalah-karakteristik dunia maya

BAB I
PENDAHULUAN
A.     LATAR BELAKANG MASALAH
Kejaatan di dunia maya atau biasa disebut denga cybercrime ada karena adanya teknologi internet. Teknologi internet akan menghilangkan batas wilayah Negara yang menjadikan dunia ini menjadi begitu dekat dan sempit. Saling terhubungnya antara jaringan yang satu dengan yang lainnyanmamudahkan pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Kemudian, tidak meratanya pentebaran teknologi menjaddikan yang satu lebih kuat dari yang lainnya.
Kejahatan yang dilakukan oleh seluruhan suatu organisasi politik mendapatkan pamor dan kridibilitas yang meningkat daripada pesaingnya. Untuk motif ini adalah murni tindakan kejahatan yamg ditujukanterhadap pihak lain yang menjadi sasaran dalam aksi yang dilakukan. Semua kejahatan itu adalah salah satu dampak perkembangan teknologi informasi yang semakin haru semakin meningkat yang tidak difilteri dengan iman dan etika.
Adanya cybercrime merupakan produk ekonomi, isu global yang kemudian dihubungkan dengan kejahatan tersebut adalah keamanan jaringan (security network ). Keamanan jaringan merupakan isu global yang muncul bersamaan dengan internet. Sebagai komoditi ekonomi, banyak Negara yang tentunya sangat membutuhkan perangkat keamanan jaringan.
Cybercrime berada dalam scenario besar dari kegiatan ekonomi dunia. Sebagai contoh saat ini, memasuki tahun 2011 akan terjadi berupa virus Y2K yang akan menghilangkan atau merusak data atau inofrmasi. Hal tersebut tentu saja membuat kekhawatiran terhadap usaha nperbankan, penerbangan, pasar modal, dan sebagainya, yang pada akhirnya mereka sibuk mencari solusi cara menghindarinya. Sehingga hal tersebut menjadi lading para penyedia jasa teknologi informasi untuk membuat perangkat atau program untuk menanggulanginya, yang pada akhirnya kenyataannya ancaman tersebut tidak pernah terjadi.
Melalui makalah ini penyusun akan membahas lebih dalam lagi mengenai “Tinjauan Etika Di Dunia Maya” yang pokok pembahasannya, isi makalahnya kami himpun dari berbagai referensi yang ada.
B.      Rumusan masalah
Sekarang ini sangat banyak tindakan-tindakan kejahatan yang terjadi di dunia maya. Dan dampaknya sangat terasa.
C.      Tujun dan Manfaat
a)      Tujuan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah:
1.      Agar kita dapat mengetahui perkembangan internet
2.      Mengetahui karakteristik dunia maya
3.      Mengetahui pentingnya etika di dunia maya
4.      Mengetahui contoh-contoh beretika di internet
5.      Serta mengetahui etika-etika berinternet

b)     Manfaat
Adapun manfaat dari penyusunan makalah ini adalah:
1.      Bagi pengajar/dosen
Sebagai bahan pembanding materi-materi yang sudah dikuasai dan sebagai bahan ajaran untuk kedepannya
2.      Bagi penulis (mahasiswa)
Sebagai bahan pembelajaran agar kami mampu mengetahui perkembangan nternet, karakteristik dunia maya, pentingnya etika di dunia maya, netiket, dan pelanggaran etika berinternet.
BAB II
PEMBAHASAN
A.     Perkembangan Internet
Sejak awal peradaban, manusia selalu termotivasi memperbaharui teknolog yang ada. Hal ini merupakan pekembangan yang hebat dan terus mengalami kemajuan. Dari semua kemajuan yang signifikan yang dibuat oleh manusia sampai hari ini, mungun hal yang terpenting adalah perkembangan internet.
Internet (interconnection Networking) merupakan suatu jaringan yang menghubungkan computer diseluruh ddunia tanpa dibatasi oleh jumlah unit menjadi satu jaringan yang bisa saling akses. Dengan internet tersebut, satu computer dapat berkomunukasi secara langsung dengan computer lain diberbagai belahan di dunia.
Alasan mengapa era ini memberikan dampak yang cukup signifikan bagi berbagai aspek kehidupan yaitu:
1.      Informasi pada internet bisa diakses 24 jam dalam sehari
2.      Biaya murah dan bahan gratis
3.      Kemudahan akses informasi dan melakukan transaksi
4.      Kemudan membangun relasi dengan pelanggan
5.      Materi dapat di up-date denagn mudah
6.      Pengguna internet telah merambah kesegala penjuru.
Teknologi informasi dan komunakasi (information and communication technology/ ICT) merupakan tulang punggung aplikasi web 2.0. perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal muncunya aplikasi web adalah internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan denagn aplikasi web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet
Berawaal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi saains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 uni soviet meluncurkan sputnik).
Perkembangan besar internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnyadapat melalui berbagai alternative jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komuter nasional di Amerika Serikat pada tahun 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambunga telepon public.
Perkembangan besar internet kedua yang dicatat sejarah adalah pengembangan lapisan protocol jaringan yang terkenal karena paing banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protocol). Protocol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antar jaringan. Protocol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protocol yang standard an disepakati secara luas, maka jaringan local yang tersebar diberbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasaa bahkan sekarang ini mwnjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protocol internet  inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.jaringan ARPANET menjadi semakin besaar sejak satt itu dan mulai dikelolah oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk.protokol TCP/IP menjadi protocol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet.
Perkembangan besar unternet ketiga adalah terbangunnya aplikasi world wide web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World wide Web (www) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW menbuat semua pengguna dapat saling berbagi bermaam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuan pengguna internet meroket.

B.      Internet Saat Ini
Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli computer dari inggris mencitakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar,  film, music ditampilkan dalam internet.karena penemuan inilah internet menjadi lebi menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan ole kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada di rumah pun bisa terhubung dengan internet dengan menggunakan moden dan jarinagn telepon. Selain tu, internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga, pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer diseluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
Disamping manfaatmanfaat di atas, internet juga memiliki efek negative dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihatberbagai hal yang tidak seharusnya untuk dilihat ataupun dibaca. Berawal dari keprihatinan terhadap feonomena berinternet yang semakin vulgar dan cenderung melampaui batas, maka diperlukan hal-hal yang patut dijadikan batu pijakan bagi para netter yang dikenal dengan “netiket” atau netiquette.
C.      Karakteristik Dunia Maya
Internet identik dengan cyberspace atau dunia maya. Dyson (1994) cyberspace meruakan suatu ekosistem bioelektronik disemua tempat yang memiliki telepon, kabel coaxial,fiber optic atau elektromagnetik waves. Hal ini berarti bahwa tidak ada yang tahu pasti seberapa luas internet secara fisik.
Karakteristik dunia maya ( Dysson : 1994 ) sebagai berikut:
·         Beroprasi secara virtual/ maya
·         Ddunia cyber selalu berubah denga cepat
·         Dunia maya tidak mengenal batas-batas territorial
·         Orang-orang yang hidup dalam dunia maya tersebut dapat melaksanakan aktivitas tanpa harus menunjukkan identitadnya.
·         Informasi di dalamnya bersifat public.
Ada berbagai kejahatan cyber yang terjadi yaitu sebagai berikut:
·         Hacker adalah seseorang yang mengakses computer/ jaringan secara illegal
·         Cracker adalah seseorang yang mengakses computer/jaringan  secara illegal dan memiliki niat buruk
·         Script kiddie adalah serupa dengan cracker tapi tidak memiliki keahlian teknis
·         Cyberterrorist yaitu seseorang yang menggunakan internet atau jaringan untuk merusak dan menghancurkan computer/ jaringan denagn alas an politis
·         Phising/ pharming yaitu trik yang dilakukan oleh pelaku kejahatan  untuk mendapatkan informasi rahasia, jika phishing menggunakan email, pharmhing langsung menuju ke web tertentu
·         Spam yaitu email yang tidak diinginkan yang dikirim kebanyak penerima sekaligus.
·         Spyware yaitu program yang secara tidak sengaja terpasang untuk mengirimkan informasi pengguna kepada pihak lain salah satu bentuknya adalah adwar.

Banyak kejahatan yang menggunakan teknologi computer tidak bisa disebut cybercrime pedopelia dan pornografi dengan atau tanpa menggunakan cybertechnology sehingga hal-hal di yang di atas tidak bisa disebut cybercrime. Kejahatan yang dapat dilakukan dengan atau tanpa bantuan cybertechnology disebut cyber-related crime.

D.      Pentingnya Etika di Dunia Maya
Mengapa beretika dianggap penting di dunia maya ? beberapa alas an dapat kita lihat dari uraian di bawah ini.
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hadirnya internet dalam kehidupan manusia telah membentuk komunitas masyarakat tersendiri. Surat menyurat yang dahulu dilakukan secara tradisonal melalui merpati pos atau kantor pos, sekarang bisa dilakukan dengan duduk dan mengetik surat tersebut didepan computer. Dengan hanya sekali minekan tombol “send” maka saat itu juga surat sampai kelokasi yang dituju, hanya dalam hitungan detik. Fasilitas komunikasi dalam kelompok seperti amilig listmemungkinkan sekelompo anggota masyarakat internet untuk berdiakusi dan saling tukar pendapat diantara mereka dengan mudah.
Melihat pada kenyataan ini dan perkembangan internet yang begitu pesat maka perlu dibuat aturan-aturan atau etika beraktivitas dalam dunia maya tersebut. Beberapa alas an yang cukup kuat mengenai pentingnya etika dalam dunia maya atau etika dalam berinternettersebut antara lain adalah sebagai berikut:
a)      Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai Negara yang mungkin saja memiliki budaya yang berbeda –beda. Bahkan dalm satu Negara pun, tentunya masing-masing pribadi anggotanya punya sifat, cara bicara, cara menulis, dan rasa humor yang berbeda-beda
b)      Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunai anonymous, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas. Hal itu membuat kita saling mengenal dalam arti kata yang sesungguhnya atau bahkan satu penghuni dunia maya mungkin tidak akan pernah bertatap muka dengan penghuni yang lainnya.
c)      Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseoran untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan, antara lain dengan pengiriman surat berantai, iklan yang tidak sesuai konteks, provokasi ke diskusi yang tidak sehat, materi yang menyingging orang lain atau yang lebih ekstrim adalah penyimpanan virus atau worn secara sengaja dalam email yang dikirim.
d)      Harus diperhatikan bahwa pengguna di internet yang selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru di dunia maya tersebut. Mungkin saja penghuni baru tidak mengetahui bagaimana mereka hasrus melakukan pergaulan di internet secara baik dan benar. Untuk itulah mereka perlu diberikan petunjuk agar memahami budaya internet.
Demikian beberapa alasan, mengapa etika berinternet sangat diperlukan untuk lebih jelasnya, kita dapat mengunjungisitus resmi sebuah organisasi di alamat  www.ietf.org yang dalam kegiatannya IETF ( Internet  Ingineering Task Force ) terbagi menjadi beberapa kelompok kerja yang menangani beberapa topic seputar internet baik dari sisi teknis maupun non teknis, termasuk di dalamnya menetapkan netiquette gidlines yang terdokumentasi dalam Request for Comments (RFC): 1855

E.      Netiket atau contoh etika berinternet
Ada beberapa bentuk netike di internet,antara lain:
1.      Netiket ber-email
2.      Netiket ber-mailing list,forum, ber-news group
3.      Netiket ber-chat
a)      Hal yang selayaknya diketahui tentang etika ber-email
·         Karena karakter email sama seperti surat konvensional, maka apabila anda baru pertama kali kontak dengan si pemilik email, usahakan untuk mengenalan diri dan menjelaskan tujuan anda menghubungi si pemilik email
·         Gunakan bahasa yang baik dan cukup sopan untuk tahap introduksi karena kita harus paham bahwa email adalahh sarana komunikasi yang sifatnya personal. Sehungga kata-kata tidak sopan bisa berakibat pad ablocking alamat email anda oleh si pemilik email yang anda tuju.
·         Kirimkan informasi yang tepat kepada orang yang tepat. Karena pengguna email akan menganggap spam semua email yangn menurut dia tidak berguna dan dan tidak dia perlukan.
Dan jika nekat terus menerus melakukan spamming maka resikonya adalah:
·         Alamat email anda akan diblocking oleh beberapa mail server
·         Domain anda akan dianggap sebagai penyebar spam.
·         Seluruh account email di domain yang sama akan dianggap sebagai spam
b)      Adapun hal yang perlu kita perhatikan ketika bermailing list, forum, bernews grup:
·         Jangan gunakan huruf capital karena gangguan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf akpital menggambarkan penulis yang sdang emosi , marah atau berteriak. Tentu sngat tidak menyenangkan tatkala anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan ? walau begitu, ada kalanya huruf capital dapat digunakan untuk memeberikan penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kaimat/ paragraph.
·         Kutip seperlunya
Ketika anda ingin member tanggapan terhadap postingan seseorang dalam suatu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari halyang ingin anda tanggap dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kai mengutip seluruh isinya karena itu bisa memberikan handwith server yang bersangkutan dan bisa kecepatan akses ke forum tersebut terganggu.
·         Perlakuan terhadap pesan pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message ), anda tidak sepatutnya menjawabnya kembali kedalam forum umum, kelompok, grup, atau milis.
·         Hati-hati dalam mem-forward
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya, seperti hanya spam, ada juga yang merupakan musuh besar bagi para ntter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dikenal sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang disekitar anda pun hilang.
·         Gunakan “to”, “CC”, dan “BCC” dengan tepatt. “TO” jelas digunakan untuk orang yang benar-benar menjadi tujuan kita menulis email.”CC” adalah orang yang sebenarnya tidak menjadi tujuan kita menulis email, tetapi mereka perlu mengetahuinya, bisa itu merupakan kolega orang yang menjadi tujuan email kita, atau  kolega kita, atau mungkin atasan kita, “BCC” adalah orang yang kita anggap perlu mengetahui isi email kita, tapi tidak ingin menerima email yang ada di “To” atau “CC” tahu bahwa ada orang lain selain mereka yang tahu. “BCC” bisa dipakai untuk email yang berisi peringatan kepada staf tertentu, karena biasanya orang yang dibri peringatan tidak ingin ada orang lain yang tahu, tapi disisi lain ada orang lain yang sebaiknya mengetahui hal itu.
·         Tidak perlu menjawa “CC” email, kecuali kalau sangat perlu. Kalaau penerima email, tapi nama kita ada di “CC”, bukan “To”  maka itu artinya kita hanya diharakan untuk tahu saja. Oleh karena itu, dalam kondisi demikian, kita tidak perlu menjawabnya, kecuali kamu sngat diperlukan. Isalnya, kita tahu bahwa ada kesalahan dalam isi email itu, atau pihak-pihak yang harus menjadi penerima itu tapi tida ada dalam “To” dsb.
·         Jangan selalu “Reply all”. Kita kadang menerima email yang oleh pengirimnya dikirimkan kebanyak sekali orang. Kita perlu memang menjawab email itu, tapi tidak selalu perlu “Reply All”, yang artinya semua yang ada di alamat email itu akan menerima balasan kita. Dalam banyak sekali kasus, kita hanya perlu “reply “, karena yang memerlukan jawaban kita hanya si pengirim email, tidak semua orang yang ada di email itu. “Reply All” hanya dipakai kalau semua orang memerlukan jawaban itu.
·         Gunakan tanda baca yang tepat. kalau memang bertanya, gunakan tanda Tanya ( “?” ), dan gunakan satu saja, tidak perl banyak-banyak ( “??????????” ). Jangan bertanya tanpa membubuhkan tanda Tanya, karena ddi email orang tidak akan tahu intonasi kita, kecuali dari tanda baca. Juga tidak perlu ditambah dengan tanda seru ( “????!!!!!!” ), kecuali kalu kita benar0benar sedang marah.
·         Gunakan kalimat yang lengkap, jangan sepotong-sepotong. Apa tanggapan kita kalau menerima emil yang isinya “minta penjelasan” atau “ini apa ya ?”, “jawab segera”,dsb. Pasti ada perasaan tidak enak. Bahkan jika email itu dating dari atasan kita, sekali lagi dalaam komunikasi tertulia, orang tidak tahu intonasi dan bahasaa tubuh kita sehingga resiko adanya kesalahpahaman besar sekali. Jadi, sangat dianjurkan untuk menulis kalimat yang lengkap misalnya: “ini info dari bagian personalia, mohon penjelasan “, atau “kemarin saya menerima email drai A. ini apa ya ? mohon penjelasan”, atau “saya sudah mengirim email beberapa hari yang lal, moho direspon segera”, dsb.
·         Janga sembarang menggunakan format HTML. Jika anda mengirim sebua pesaan penting ke rekan anda, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa program email rekan anda bisa membaca kode HTML. Jika tidak, pesan anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaliknya gunakan format plain text.
·         Jangan kirim file ( berukuran besra) melalui Attachment
·         Kritik dan saran yang bersifat pribadi harus lewat PM (personal Message )
·         Jujur daam mencantumkan sumber / penulis
·         Bijaklah ketika hendak meng-kopy sebuah situs

c)      Selain etika berchating yang telah disebut di atas, ada tips chatting lainyang mungkin perlu kita ketahui adalah,
·         Gunakan nickname yang baik dan sopan.
·         Jangan menggunakan nama aslisebagai nickname anda.
·         Jangan pernah memberikan alamat atau nomor telepon kepada chatter yang belum anda kenal sama sekali.
·         Jika anda menggunakan webcam, jangan sembarang maemberi izin kepada chatter yang tidak anda kenal
·         Jika ingin memview webcam dari partner chatter, terus meminta izin yang baik-baik kepadanya, kalaupun tidak di izinkan anda harus menghormatinya.
·         Jika harus melakukan copy darat, pastikan anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
·         Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.

F.       Pelanggaran Etika Berinternet
Seperti halnya etika dalam kehidupan bermasyarakat, sanksi yang diperoleh terhadap suatu pelanggaran adalah sanksi social. Sanksi social bisa saja berupa teguran atau bahkan dikucilkan dari kehidupan bermasyarakat.
Demiian juga dengan pelanggaran etika berinternet. Sanksi yang akan ditarima jika melanggar etika atau norma-norama yang berlaku adalah bicilkan dari kehidupan berkomunikasi berinternet.
BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang dapat kami simpulkan adalah:
·         Internet menpunyai dampak yang signifikan bagi berbagai aspek kehidupan.
·         Dunia maya mempunyai karakteristik tersendiri yang mencerminkan operasi serta informasi yang ada di dalamnya.
·         Etika dan iman berfungsi sebagai filter saat berinternet.
·         Pelanggaran etika dalam berinternet akan diberikan sanksi yaitu dikucilkan dari kehidupan berkomunikasi di internet.
B.      Saran
Dan adapun yang dapat kami sarankan adalah sebagai berikut:
·         Dalam berinternet sebaiknya kita beretika yang baik
·         Hargai hak cipta dan privasi orang lain
·         Perbanyak sosialisasi mengenai internet dan perkembangannya dikalangan pedalaman agar mereka juga bisa mengetahui apa yang kita ketahui.